Qurban: Simbolisasi Penyembelihan Sifat Kebinatangan Manusia

Ada dua hari raya yang disyariatkan dalam Islam; Idul Fitri dan Idul Adha. Secara historis keduanya juga saling melengkapi. Keduanya sama-sama menanamkan rasa kesetikawanan sosial (social responsibility).

Idul Fitri dirayakan di bulan Syawal setelah melaksanakan shiyam (puasa) sebulan lamanya dan berzakat fitrah sebagai sarana untuk mentarbiyyah diri. Sementara Idul Adha sebagai simbolisasi penyembelihan ego dan kerakusan pribadi, selain sebagai saat turunnya ayat terakhir Alquran “alyauma akmaltu lakum dinakum…..(hari ini Aku sempurnakan bagimu agamamu), satu hari sebelum wukuf di arafah.

Lihat Selanjutnya…

Ini Dia Pria Terpendek Sedunia

Perwakilan Guiness World Records, Craig Glenday seperti dikutip dari Yahoonews, Minggu (12/5/2011), mengatakan, Junrey memecahkan rekor pria terpendek di dunia yang sebelumnya dipegang Khagendra Thapa Magar dari Nepal yang memiliki tinggi 67 sentimeter.

Pengumuman ini disambut gembira oleh orangtua Junrey dan segenap penduduk Kabupaten Sindangan di Provinsi Zamboanga del Norte’s di Filipina Selatan. Mereka menghadiahi Junrey dengan pesta, kue, balon dan juga uang tunai.

Atas perhatian besar tersebut, Junrey mengucapkan terima kasih dan berpose untuk difoto.
(abe)

http://international.okezone.com/read/2011/06/12/214/467308/ini-dia-pria-terpendek-sedunia

https://maulana05.wordpress.com

Saksikan Hujan Meteor Eta Aquarids Malam Ini

Malam ini hujan meteor Eta Aquarids akan menerangi langit malam layaknya pertunjukan laser spektakuler. Dalam pertunjukan langka itu, planet Venus, Merkurius, dan Jupiter juga dapat terlihat dengan mata telanjang.

Pertunjukan tahunan yang biasanya hadir pada tanggal 19 April hingga 28 Mei ini patut untuk dinantikan. Pasalnya, pada malam ini hujan meteor Eta Aquarids akan mencapai puncaknya. Jika biasanya hujan meteor Eta Aquarid memproduksi hingga 20 sampai 40 meteor per jam, pakar astrologi meramalkan malam ini jumlahnya bisa meningkat menjadi dua kali lipat.

Liputan6.com

Sepeda Tenaga Surya dari Gresik

Upaya menggiatkan olahraga bersepeda sekaligus menekan tingkat polusi mendorong Bahar Rozikin, warga Desa Sekar Kurung, Gresik, Jawa Timur, merancang sepeda bertenaga surya, Rabu (25/5). Sepeda itu mampu melaju dengan kecepatan 30 kilometer per jam. Untuk menampung sinar matahari, alumnus Institut Teknologi Surabaya itu menempatkan dua panel surya, yang mampu menghasilkan listrik setara 100 watt. Listrik tersebut disimpan pada tiga unit aki di bawah jok sepeda. Dengan sinar matahari yang melimpah, pengendara tidak perlu khawatir sepeda akan kehabisan tenaga. Sehingga, ia bisa bersepeda tanpa banyak keluar tenaga. Meski upaya itu telah menunjukkan hasil positif, Bahar berniat akan terus menyempurnakan rancangan sepedanya itu. Cita-cita Bahar adalah menjadikan sepeda bertenaga surya itu sebagai kendaraan alternatif bagi masyarakat. Untuk membuat sepeda itu, karyawan bengkel perbaikan genset itu menghabiskan dana sekitar Rp 6 juta. Bahar membutuhkan waktu selama tiga bulan untuk menuntaskan pekerjaan itu.(SHA)

Ohayou Gozaimasu minna-san

 

By maulanacipoet Posted in Tak Berkategori

Fakta Aneh Negara Jepang

Banyak sekali hal aneh di negara jepang , tapi Ini Fakta . Gak kalah sama indonesia yah? hihihi , Langsung Yukkk …..

1. Di Jepang, angka “4? dan “9? tidak disukai, sehingga sering tidak ada nomer kamar “4? dan “9?. “4? dibaca “shi” yang sama bunyinya dengan yang berarti “mati”, sedang “9? dibaca “ku”, yang sama bunyinya dengan yang berarti “kurushii / sengsara.

2. Orang Jepang menyukai angka “8?. Harga-harga barang kebanyakan berakhiran “8?. Susu misalnya 198 yen. Tapi karena aturan sekarang ini mengharuskan harga barang yang dicantumkan sudah harus memasukkan pajak, jadi mungkin kebiasaan ini akan hilang. (Pasar = Yaoya = tulisan kanjinya berbunyi happyaku-ya atau toko 800).

3. Kalau musim panas, drama di TV seringkali menampilkan hal-hal yang seram (hantu).

4. Cara baca tulisan Jepang ada dua style : yang sama dengan buku berhuruf Roman alphabet huruf dibaca dari atas ke bawah, dan yang kedua adalah dari kolom paling kanan ke arah kiri. Sehingga bagian depan dan belakang buku berlawanan dengan buku Roman alphabet (halaman muka berada di “bagian belakang”).

5. Tanda tangan di Jepang hampir tidak pernah berlaku untuk keperluan formal, melainkan harus memakai hanko/inkan/ cap. Jenis hanko di Jepang ada beberapa, a.l. jitsu-in, ginko-in, dan mitome-in. Jadi satu orang kadang memiliki beberapa jenis inkan, untuk berbagai keperluan. Jitsu-in adalah inkan yang dipakai untuk keperluan yang sangat penting, seperti beli rumah, beli mobil, untuk jadi guarantor, dsb. jenis ini diregisterkan ke shiyakusho. Ginko-in adalah jenis inkan yang dipakai untuk khusus membuat account di bank. inkan ini diregisterkan ke bank. Mitome-in dipakai untuk keperluan sehari-hari, dan tidak diregisterkan.

6. Kalau kita membubuhkan tanda tangan, kadang akan ditanya orang Jepang: ini bacanya bagaimana ? Kalau di Jepang saat diperlukan tanda tangan (misalnya di paspor, dsb.) umumnya menuliskan nama mereka dalam huruf Kanji, sehingga bisa terbaca dengan jelas. Sedangkan kita biasanya membuat singkatan atau coretan sedemikian hingga tidak bisa ditiru/dibaca oleh orang lain.

7. Acara TV di Jepang didominasi oleh masak memasak.

8. Fotocopy di Jepang self-service, sedangkan di Indonesia di-service.

9. Jika naik taxi di Jepang, pintu dibuka dan ditutup oleh supir. Penumpang dilarang membuka dan menutupnya sendiri.

10. Pernah nggak melihat cara orang Jepang menghitung “satu”, “dua”, “tiga”…. dengan jari tangannya ? Kalau anda perhatiin, ada perbedaan dengan kebiasaan orang Indonesia. Orang Indonesia umumnya mulai dari tangan dikepal dan saat menghitung “satu”, jari kelingking ditegakkan. Menghitung “dua”, jari manis ditegakkan, dst. Kalau orang Jepang, setahu saya, kebalikannya. Mereka selalu mulai dari telapak tangan terbuka, dan cara
menghitungnya kebalikan orang Indonesia. Saat bilang “satu”, maka jarinya akan ditekuk/ditutupkan ke telapak tangan. Kalo nggak percaya, coba deh… jikken dengan teman Jepang anda.

11. Sepeda tidak boleh dipakai boncengan, kecuali yang memboncengkannya berusia lebih dari 16 tahun dan anak yang diboncengkan berusia kurang dari satu tahun dan hanya seorang saja yang diboncengkan. Bila dilanggar, dendanya maksimal 20 ribu yen.

12. Kalo naik eskalator di Tokyo, kita harus berdiri di sebelah kiri, karena sebelah kanan adalah untuk orang yang terburu-buru. Jangan sekali-kali berdiri di kanan kalo kita ga langsung naik.

13. Pacaran di Jepang sungguh hemat, traktir2an bukan budaya pacaran Jepang. Jadi selama belum jadi suami-istri, siapin duit buat bayar sendiri-sendiri.

14. Nganter jemput pacar juga bukan budaya orang Jepang. Kalo mau ketemuan, ya ketemuan di stasiun.

15. Jangan pernah sekali-kali bilang ke orang jepang : “Gue maen ke rumah lu ya”. Karena itu dianggap ga sopan. Ke rumahnya cuma kalo udah diijinin.

16. “Aishiteru” yang berarti aku cinta kamu, jarang dipake sama orang pacaran, kecuali kalo mereka bener-bener udah mau nikah. Biasanya mereka make “Daisuke desu” buat ngungkapin kalo mereka sayang sama pacarnya.

17. Sebelum bepergian, biasanya orang Jepang selalu ngecek ramalan cuaca. Dan 90% ramalan cuaca itu akurat. Itu sebabnya kalo ada orang bawa payung, pasti kita bakal liat orang yang lainnya lagi bawa payung juga. Dan perempatan Shibuya adalah tempat yang paling menarik ketika hujan, karena dari atas kita akan melihat lautan payung yang berwarna-warni.

18. Bunga sakura adalah yang spesial di Jepang, karena bunganya hanya tumbuh 2 minggu selama setahun. Ketika tumbuh, bunganya memenuhi seluruh pohon, tanpa daun. Setelah 2 minggu, ga ada satupun sakura, yang ada hanyalah daun-daun hijau, tanpa , dan jadi ga menarik lagi.

19. Di Indonesia, kita bakal dapet duit kalo kita ngejual barang bekas kita ke toko jual-beli. Tapi di Jepang, kita malah harus bayar kalo mau naro barang kita di toko jual-beli. Itulah sebabnya kenapa orang Jepang lebih milih ninggalin TV bekas mereka gitu aja kalo mo pindah apartemen.

20. Di perempatan jalan Kyoto, perempatan jalan yang kecil, ga ada mobil sama sekali, tapi ada lampu merah, pejalan kaki selalu berhenti ketika lampu tanda pejalan kaki menunjukkan warna merah. Mereka santai aja, baca koran, ngobrol, ngerokok, dan kemudian jalan lagi ketika lampu sudah hijau. Padahal ga ada mobil yang lewat satupun. Mungkin kalo mereka ngelanggar peraturan juga ga akan celaka.

21. Mereka ga percaya Tuhan (mayoritas atheis), tapi mereka bisa disiplin dan taat sama peraturan. Mungkin karena itu negara mereka maju. Entahlah…

tambahan yang mungkin anda tidak ketahui :
Kawasan hutan lindung Aokigahara di Jepang selama ini terkenal dengan dua hal. Pertama, hutan di sebelah barat Ibukota Tokyo ini menyajikan pemandangan Gunung Fuji yang indah dengan udara yang menyegarkan. Namun, hal berikut yang membuat hutan ini menyajikan suasana angker adalah di situlah tempat favorit untuk bunuh diri. Konon, tak sedikit mayat orang-orang yang bunuh diri di sana tak lagi ditemukan.

Apakah Anda tahu bahwa pada 1192 Yortomo bernama shogun pertama oleh kaisar? Keluarganya (klan Minamoto) diatur Jepang. Apakah Anda tahu bahwa Jepang `s` s Lagu Kebangsaan nama Kimigayo? Ini berarti “Yang Mulia` s Reign. ” Apakah Anda tahu bahwa ada makna bagi yang merah kecil membosankan titik di Jepang `s bendera? Merah sedikit membosankan dot singkatan matahari. Apakah Anda tahu bahwa di Jepang mereka memiliki kartu Poke’mon? Mereka menyebutnya Poke’monsters.

Jepang terdiri dari

· Jepang 70% pegunungan

· Jepang terdiri dari lebih dari 6000 pulau

· Kris dan Jessica tinggal di Jepang

· Ada monyet liar di Jepang

· monyet liar tidak suka memandang mata

· Perdana Menteri Jepang dipilih oleh badan legislatif, bukan orang

· Legenda mengatakan bahwa monarki Jepang dimulai pada abad ke-7 SM

· Di Jepang mereka makan cumi, gurita, belut, semua ikan, kepiting, udang, dll …

· Sarapan tradisional Jepang terdiri dari nasi atasnya dengan natto (kacang kedelai fermentasi)

· Golden Retriever adalah hewan peliharaan yang paling populer

· Penggunaan tulisan di Jepang mempunyai empat sistem penulisan yang berbeda

· Dalam bahasa Jepang, kata untuk “salah” dan “berbeda” adalah sama

· SMP dan SMA siswa memakai seragam

· siswa SD memakai topi kuning

· Di Jepang, para guru beralih dari kelas ke kelas dan siswa tinggal di satu ruangan

· Pada McDonalds hamburger adalah ukuran yang sama seperti di Amerika, tetapi ukuran minum adalah salah satu ukuran yang lebih kecil

· “McDonalds” dalam dialog Jepang suara liriknya “Ma-ku-do-na-ru-do”

· Di Jepang tidak jarang melihat wanita memakai sepatu platform yang 4 sampai 6 inci tinggi

· Alih-alih “Ohayo gozatmasu” (selamat pagi), kaum muda Jepang sering berkata “OHA!”

· orang kristen disana kurang dari 10% dari penduduk Jepang

· Jepang dapur biasa tidak memiliki oven

· Di Jepang, ketika Anda pindah ke apartemen, Anda harus membawa perlengkapan Anda sendiri

· Satu dolar AS adalah sekitar ¥ 120

· Di jepang anda tidak boleh mengenakan sepatu di rumah, Anda harus memakai sandal

· Ada sandal khusus untuk toilet

· Anda tidak boleh mengenakan sandal Anda ke sebuah ruangan tikar tatami

· Di Jepang, suatu malam di film akan dikenakan biaya $ 18 per orang

· pizza Jepang dilapisi mayones, jagung, dan rumput laut di atasnya

· Orang Jepang berpikir bahwa Amerika makan jagung dan kentang setiap hari

· Buah sangat mahal di Jepang

· Semangka di Jepang dapat mencapai biaya sampai $ 100

· Persik di jepang dapat mencapai disana $ 2,00 sepotong

· Jepang Populasi tertinggi kedua adalah Cina, diikuti oleh Korea, Brasil, Peru …

· Sebuah toilet tradisional Jepang tampak seperti urinoir tergeletak di lantai

· Di Jepang, mereka tahu lebih banyak tentang makanan Cina dari pada makanan orang amerika

Ranking FIFA Timnas Indonesia Melesat

Hasil gemilang di Piala AFF berhasil mendongkrak posisi tim nasional Indonesia di ranking FIFA. Bambang Pamungkas dan kawan-kawan melesat delapan tingkat ke posisi 127. Ini merupakan posisi terbaik tim “Merah Putih” sepanjang tahun 2010.

“Garuda” bermain impresif di Piala AFF dengan lolos sebagai juara grup sekaligus menyapu bersih semua laga. Tim besutan Alfred Riedl itu juga memiliki agresivitas gol yang mengagumkan, yakni mencetak 13 gol dan hanya kebobolan 2 gol. Maka tak heran, perolehan poin timnas melesat menjadi 211 poin.

Bulan lalu, timnas hanya berada di posisi 135 dengan 172 poin. Adapun sepanjang tahun ini, Indonesia rata-rata hanya berada di urutan 135 hingga 138. Ranking terendah timnas terjadi pada September 2010, di mana Firman Utina dan kawan-kawan menempati urutan ke-141. Untuk kelas Asia Tenggara, Indonesia saat ini hanya kalah dari Thailand yang menempati peringkat 121.

Sementara tiga semifinalis Piala AFF lainnya, yakni Malaysia, Vietnam, dan Filipina, posisinya masih berada di bawah Indonesia. Viernam menduduki peringkat 137, Malaysia 144, dan Filipina di posisi 150.

Posisi puncak mutlak menjadi milik juara dunia Spanyol. Begitu juga tempat kedua dan ketiga yang diduduki runner-up Piala Dunia, Belanda, dan semifinalis Piala Dunia, Jerman. (FIFA)

Ranking FIFA Desember 2010:
1. Spanyol
2. Belanda
3. Jerman
4. Brasil
5. Argentina
6. Inggris
7. Uruguay
8. Portugal
9. Mesir
10. Kroasia
127. Indonesia


KOMPAS